Tugas Makul Pengetahuan Bisnis
Mochammad Sayyidatthohirin
A. Definisi
Kata
bisnis merupakan serapan dari bahasa inggris “business”, yang berarti urusan
atau usaha. Maka, secara definitif, bisnis diartikan dengan aktivitas seseorang
atau sekelompok orang dengan menawarkan barang/ jasa kepada pihak lain untuk
memperoleh laba atau untung. Secara umum, bisnis diartikan dengan sistem yang
memproduksi suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen/
masyarakat (business is then simply a system that produces goods and service to
satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990].
B. Ruang
Lingkup
Secara
umum, ruang lingkup bisnis terdiri atas berbagai macam aspek, di antaranya
jenis-jenis lingkungan, jenis-jenis pasar, jenis-jenis kegiatan bisnis, dan
konsep dasar ekonomi.
Jenis
lingkungan terdiri dari inernal dan eksternal.
a) Lingkungan internal : maksudnya
yaitu hal-hal yang mempengaruhi langsung pada kegiatan bisnis. Contohnya,
pemerintah, sering pekerja, suplier, asosiasi dagang, konsumen, dan pesaing.
b) Lingkungan eksternal: maksudnya
yaitu hal-hal yang mempengaruhi kegiaan bisnis secara tidak langsung.
Contohnya, ekonomi, sosial budaya, dunia internasional, dan politik.
Macam-macam pasar yaitu:
a) Pasar Oligopoli: yaiu penawaran
satu jenis barang dikuasai oleh sejumlah perusahaan. Setiap perusahaan
memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di
mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing
mereka.
b) Pasar Monopoli: yaitu pasar yang
dikuasai oleh hanya satu penjual. Penjual iu berperan sebagai penentu harga
yang disebut “monopolis”.
c) Pasar Oligopsoni: yaitu pasar yang
yang barangnya dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan konsumennya erdiri dari
beberapa perusahaan.
d) Pasar monopsoni: yaitu pasar yang
satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal
atas barang dan/ jasa dalam suatu pasar komoditas.
Adapun jenis-jenis kegiatan bisnis adalah:
a) Produksi : membuat barang
b) Keuangan : aktivitas mencari uang sebagai modal kegiatan berdagang
c) Pemasaran : kegiatan menginformasikan dan menyebarkan barang untuk dijual
Sedangkan konsep dasar ekonomi adalah:
a) Permintaan (demand)
Yaitu jumlah barang/ benda yang diminta oleh
konsumen kepada penjual
b) Penawaran (supply)
Yaitu sejumlah barang/ jasa yang ditawarkan oleh penjual
kepada konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar